a. Cara Kerja
Cara kerja sistem ballast, secara umum adalah untuk mengisi
tangki ballast yang berada di double bottom, dengan air laut, yang diambil dari
seachest. Melalui pompa ballast, dan saluran pipa utama dan pipa cabang.
b. Fungsi Sistem Ballast
Sistem ballast merupakan sistem untuk dapat memposisikan
kapal dalam keadaan seimbang baik dalam keadaan trim depan maupun belakang,
maupun keadaan oleng. Dalam perencanaannya adalah dengan memasukkan air sebagai
bahan ballast agar posisi kapal dapat kembali pada posisi yang sempurna.
d. Jumlah Muatan
Jumlah total muatan yang dapat diangkut di tangki ruang muat
adalah mencapai 12498.954 ton. Yang dibagi ke enam tangki muatan
e. Rule dan Rekomendasi
Menurut Volume III BKI 1996 section 11 P, dinyatakan :
1) Jalur Pipa Ballast
• Sisi Pengisapan dari tanki air ballast diatur sedemikian
rupa sehingga pada kondisi trim air ballast masih tetap dapat di pompa.
• Kapal yang memiliki tanki double bottom yang sangat lebar
juga dilengkapi dengan sisi isap pada sebelah luar dari tanki. Dimana panjang
dari tanki air ballast lebih dari 30 m, Kelas mungkin dapat meminta sisi isap
tambahan untuk memenuhi bagian depan dari tanki.
2) Pipa yang melalui tangki
Pipa air ballast tidak boleh lewat instalasi tanki air
minum, tanki air baku, tanki minyak bakar, dan tanki minyak pelumas.
3) Sistim Perpipaan
• Bilamana tanki air ballast akan digunakan khususnya
sebagai pengering palka, tanki tersebut juga dihubungkan ke sistim bilga.
• Katup harus dapat dikendalikan dari atas geladak cuaca
(freeboard deck)
• Bilamana fore peak secara langsung berhubungan dengan
suatu ruang yang dapat dilalui secara tetap ( mis. Ruang bow thruster) yang
terpisah dari ruang kargo, katup ini dapat dipasang secara langsung pada
collision bulkhead di bawah ruang ini tanpa peralatan tambahan untuk
pengaturannya.
4) Pompa Ballast
Jumlah dan kapasitas dari pompa harus memenuhi keperluan
operasional dari kapal
f) Tangki Ballast
Tangki ballast pada kapal ini terdiri dari 5 tangki di
bagian starboard dan 5 tangki di bagian portside. Dengan total kapasitas
1517.363 ton, dengan perkiraan lama pengisian 10 jam.
g) Jumlah dan Jenis Katup serta Fitting
Untuk katup dan fitting pada pipa hisap sistem ballast, pada
gambar diperoleh jumlah fitting jenis Elbow 90o sebanyak 6 buah, katup jenis
Butterfly 1 buah, strainer1 buah, dan 3 way valve sebanyak 1 buah. Sedangkan
untuk pipa discharge sistem bilga, pada gambar terhitung fitting jenis Elbow
90o sebanyak 5 buah, butterfly 1 buah, strainer 2 buah, katup jenis SDNRV
sebanyak 1 buah, dan 3 way valve sebanyak 1 buah. Dengan demikian total head
losses diperoleh sebesar 22.45 m.
h) Pompa
Dari head losses yang telah dihitung diatas, maka saya
dapatkan Daya pompa yang dibutuhkan sebesar 9.0208 kW atau sebesar 12.2665 HP.
Oleh karenanya pompa yang saya pilih untuk memenuhi kebutuhan daya serta head
tersebut adalah pompa bilga merek Shinko, type RVX 200S double stage, dengan
putaran 1500 RPM, daya motor 15 kW, kapasitas 100 m3/jam, Head 50 m, dan
frekuensi 50 Hz. Pompa bilga ini saya letakkan di tanktop.
i) Outboard
Air yang tidak terpakai akan dikeluarkan melalui Outboard.
Dimana peletakan Outboard ini haruslah 0,76 m diatas garis air atau WL, pada
satu outboard harus diberi satu katup jenis SDNRV.
j) Seachest
Seachest merupakan tempat di lambung kapal, dimana di sea
chest terdapat pipa saluran masuknya air laut. Selain pipa tersebut, pada
seachest juga terdapa dua saluran lainnya. Yaitu blow pipe dan vent pipe. Blow
pipe digunakan sebagai saluran udara untuk menyemprot kotoran-kotoran di
seachest. Sedangkan vent pipe digunakan untuksaluran ventilasi di seachest.
Seachest untuk kapal ini diletakkan di lambung di daerah kamar mesin.
Sistem Ballast
Sistem Ballast adalah salah satu system pelayanan dikapal
yang mengangkut dan mengisi air ballast. Sistem pompa ballast ditujukan untuk
menyesuaikan tingkat kemiringan dan draft kapal, sebagai akibat dari perubahan
muatan kapal sehingga stabilitas kapal dapat dipertahankan. Pipa ballast
dipasang di tangki ceruk depan dan tangki ceruk belakang (after and fore peak
tank), double bottom tank, deep tank dan tangki samping (side tank). Ballast
yang ditempatkan di tangki ceruk depan dan belakang ini untuk melayani kondisi
trim kapal yang dikehendaki. Double bottom ballast tank dan deep tank diisi
ballast untuk memperoleh sarat air yang layak, tangki ballast samping untuk
memperoleh penyesuaian sarat air dalam daftar.
Tangki ballast diisi dan dikosongkan dengan saluran pipa
yang sama, jika stop valve dipasang pada system ini. Jumlah berat ballast yang
dibutuhkan untuk kapal rata-rata 10% sampai 20% dari displacement kapal.
Keperluan system ballast dari kapal muatan kering (dry cargo ship) adalah sama
dengan system pipa bilga. Sistem pipa ballast harus dapat / bisa memenuhi sarat
untuk menyediakan pengisian air ballast dari dry cargo tank atau ruangan yang
berdampingan. Hubungan antara saluran pipa bilga dan saluran pipa ballast harus
dengan katup tolak balik (non return valve).
komponen – komponen sistem ballast :
a. Tangki Ballast
Tangki ballast berfungsi untuk menjaga kestabilan kapal baik
saat berlayar maupun saat kapal melakukan bongkar muat. Pada saat kondisi kapal
berlayar, tangki ballast dalam kondisi kosong, sedangkan saat kapal melakukan
bongkar muat, tangki ballast diisi untuk menjaga kestabilan kapal.
b. pipa ballast
c. katup dan fitting
katup dan fitting yang biasa digunakan adalah
1. Elbow 90
2. filter
3. SDNRV
4. Gate valve
5. Sambungan T
6. Butterfly v/v
d. pompa
Pompa yang mendukung system ballast terdiri dari 2 pompa,
yang juga mendukung sistem lain, yakni sistem pemadam dan bilga. Pompa ini
terdiri dari pompa bilga-ballast dan pompa general service.
Pompa general service digunakan sebagai pompa kedua pada
sistem Ballast. Jadi, pompa general service ini kapasitasnya cukup 85% dari
kapasitas pompa Ballast agar dapat menghandle sistem Ballast tersebut, yaitu
85% dari pompa Ballast – Fire.
e. overboard
Fungsi outboard adalah untuk mengeluarkan air yang sudah
tidak terpakai. Peletakan Outboard ini haruslah diatas garis air atau WL dan
harus diberi satu katup jenis SDNRV
f. Seachest
terdiri dari High Seachest dan Low Seachest
g. pipa
terdiri dari pipa cabang dan pipa utama
3. Sistem Pemadam Kebakaran
Penggunaan air sebagai pemadam kebakaran diperuntukkan bagi
semua akibat kebakaran kapal, kecuali kebakaran yang ditimbulkan dari batubara
atau minyak. Sistem pipa kebakaran di kapal ini dipusatkan di suatu ruangan
kapal dan pipa-pipa ini menggunakan pipa tembaga (copper) atau pipa galvani
yang berdiameter 50 sampai 100 mm. Pipa induk kebakaran terbentang disepanjang
lambung kapal dan diperlengkapi dengan hydrant tiap jarak tidak kurang dari 20
meter. Saluran slang kanvas dihubungkan dengan hydrant.
a. Hydrant
Hydrant berfungsi sebagai sisi discharge dari system pemadam
kebakaran yang dipasang di deck. Hydrant dirancang dapat mensuplai air dengan
tekanan sedemikian rupa sehingga tekanan pada nozzle (hoses) mencapai 2,5 Bar,
sesuai dengan syarat yang diharuskan kelas. Pemasangan Hydrant sepanjang main
deck ditempatkan dengan jarak tertentu dimana panjang hoses (15-20m) dapat
mengcover seluruh bagian dari deck kapal jika terjadi kebakaran.
b. Pompa
Pompa yang mendukung Fire Main system ini terdiri dari 3
pompa, 2 merupakan pompa general service yaitu pompa bilga-fire dan fire pump.
Sedangkan yang satu lagi adalah emergency fire pump. Emergency fire pump
terletak di forecastle deck, yang mana persyaratannya adalah harus berpenggerak
sendiri.
Sistem
Ballast
Sistem Ballas adalah salah satu system pelayanan dikapal yang mengangkut dan
mengisi air ballast. Sistem pompa ballast ditujukan untuk menyesuaikan tingkat
kemiringan dan draft kapal, sebagai akibat dari perubahan muatan kapal sehingga
stabilitas kapal dapat dipertahankan. Pipa balas dipasang di tangki ceruk depan
dan tangki ceruk belakang (after and fore peak tank), double bottom
tank, deep tank dan tanki samping (side tank). Ballas yang ditempatkan di
tangki ceruk depan dan belakang ini untuk melayani kondisi trim kapal yang
dikehendaki.
Tangki ballas diisi dan dikosongkan dengan saluran pipa yang sama, jika stop
valve dipasang pada system ini. Jumlah berat ballast yang dibutuhkan untuk
kapal rata-rata 10% sampai 20% dari displacement kapal. Keperluan system ballas
dari kapal muatan kering (dry cargo ship) adalah sama dengan system pipa bilga.
Sistem pipa ballas harus dapat / bisa memenuhi sarat untuk menyediakan
pengisian air ballas dari dry cargo tank atau ruangan yang berdampingan.
Hubungan antara saluran pipa bilga dan saluran pipa ballas harus dengan katup
tolak balik (non return valve).
Rules dan Rekomendasi
1) Jalur Pipa Ballast
·
Sisi
Pengisapan dari tanki air ballast diatur sedemikian rupa sehingga pada kondisi
trim pun air ballas masih tetap dapat di pompa.
·
Kapal yang
memiliki tanki double bottom yang sangat lebar juga dilengkapi dengan sisi isap
pada sebelah luar dari tanki. Dimana panjang dari tanki air ballast lebih
dari 30 m, Kelas mungkin dapat meminta sisi isap tambahan untuk memenuhi bagian
depan dari tanki.
2) Pipa yang melalui tangki
Pipa air
ballast tidak boleh lewat instalasi tanki air minum, tanki air baku,
tanki minyak bakar, dan tanki minyak pelumas.
3) Sistim Perpipaan
·
Bilamana
tanki air ballast akan digunakan khususnya sebagai pengering palka, tanki
tersebut juga dihubungkan ke sistim bilga.
·
Katup harus dapat dikendalikan dari atas geladak cuaca (freeboard deck)
·
Bilamana fore peak secara langsung berhubungan dengan suatu ruang yang
dapat dilalui secara tetap ( mis. Ruang bow thruster) yang terpisah dari ruang
kargo, katup ini dapat dipasang secara langsung pada collision bulkhead di
bawah ruang ini tanpa peralatan tambahan untuk pengaturannya.
4) Pompa Ballast
Jumlah dan kapasitas dari pompa
harus memenuhi keperluan operasional dari kapal.
Tangki Ballast
Tangki
ballast berfungsi untuk menjaga kestabilan kapal baik saat berlayar maupun saat
kapal melakukan bongkar muat. Pada saat kondisi kapal berlayar, tangki ballast
dalam kondisi kosong, sedangkan saat kapal melakukan bongkar muat, tangki
ballast diisi untuk menjaga kestabilan kapal.