First Impression Sedan Hevina, Mobil Listrik Lokal nan Mewah



 
Di ajang RITech Expo 2013 di Taman Mini Indonesia Indah pekan lalu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menampilkan sedan listrik Hevina. Mobil ini sukses menyedot perhatian pengunjung karena bentuk yang unik, berpenggerak listrik dan embel-embel mobil nasional.

Nah, daripada penasaran akan spesifikasi dan kelengkapannya, yuk mending kita tengok sosoknya lebih lanjut.

Eksterior

Tampang dari Sedan Electric yang diberi nama Hevina ini cukup futuristik, memang basisnya masih mengandalkan prouk Timor Sephia dengan penggunaan lampu-lampu yang identik dengan Timor. Eits, bukan berarti sosoknya telak-telak menyerupai mobil Timor lho.

Tengok saja aplikasi gril depan yang menyatu dengan bemper depan dan membuat tampilan semakin futuristik sebagai mobil prototype. Tak ketinggalan tren saat ini, Hevina dilengkapi dengan daytime running light.

Bagian pintu dibuat agak menggembung dan tarikan garis tegas menyesuaikan dengan body bagian depan dan menggunakan side skirt di bagian bawahnya.

Beralih ke buritan, Hevina tampil modern dengan lekuk bodi yang lebih tegas dan berpadu apik dengan rear lamp dari mobil Timor.

Interior

Berbeda dari nuansa modern di luar, Hevina justru memperlihatkan kesan mewah dengan kelir two tone paduan warna krem dan coklat dari semi kulit. Lapisan ini terdapat diseluruh panel interior, termasuk setir, door trim hingga dashboard.

Uniknya karena Hevina merupakan mobil listrik, panel speedometer juga memiliki alat pemantau kelistrikan yang berbentuk digital dibagian kiri dan alat pengukur kecepatan di sebelah kanan. Sedangkan untuk urusan entertaiment mobil ini dilengkapi dengan 4 speaker dan 3 unit LCD touch screen.

Sumber Penggerak

Hevina mengandalkan motor listrik berkekuatan 62 dk dengan maksimum putaran 6500 rpm, dan memiliki torsi 156 Nm. Menggunakan motor listrik AC Induction Motor, mampu melesatkan mobil electric ini hingga 140 km/ja, di jalanan datar.

Tak lupa sebongkah batrai berjenis LiFEPO4 108 VOC/200Ah. Spesifikasi charger input 220VAC dan outut VDC/52A.seberat 200 kg di tempatkan di bagasi belakang untuk menyimpan daya listrik mobil tersebut.