Seperti telah kami sajikan di edisi sebelumnya, Accord VTi-L terbaru ini tampil berbeda dari biasanya. Bukan hanya sekadar menambah fitur untuk menyamai rivalnya, Accord melangkah lebih jauh dengan memberi fitur-fitur baru secara royal. Pendek kata, inilah hal terbaik yang bisa Accord dapatkan.
Dimulai dari luar saja, pesonanya sudah tampak dari penggunaan pelek 18 inci serta Day-Time Running Light (DRL). Belum selesai sampai di situ, di depan terdapat sepasang lampu LED yang merupakan pertama kalinya hadir di kelas Big Sedan. Secara umum bentuknya khas Accord, namun terlihat lebih langsing, kokoh serta modern.
Di dalam berita baiknya bertambah. Desain interior mobil ini terasa mewah dan berkelas dengan penataan tombol rapi. Penempatan layar i-MID serta layar sentuh pengatur audio di tengah semakin mengentalkan nuansa canggih.
Tapi boleh dibilang, bukan hanya desain yang bikin Accord terasa futuristis. Dalam kondisi standar saja Accord VTi-L sudah mengusung segudang fitur modern seperti koneksi Bluetooth, navigasi satelit, dual zone climate control, cruise control, kamera mundur serta lane watch. Fitur terakhir tadi mampu menampilkan citra keadaan di samping kiri mobil, sehingga meminimalkan blind spot saat hendak bermanuver.
Kami tadinya berpikir Accord hanyalah sebuah sedan besar biasa yang dicekoki segudang fasilitas. Nyatanya ia mampu lebih dari itu. Saat dikendarai, sekali lagi Accord membuat kami tercengang. Pengendaraannya begitu halus sekaligus mengasyikkan. Bantingannya lembut namun pengendalian saat menikung tetap begitu tajam. Dipadu posisi mengemudi ergonomis, Accord tak akan membuat Anda bosan mengendarainya meski jarak jauh.
Dari segi mesin, unit 2.356 cc 4-silindernya mendapat sentuhan teknologi EarthDreams. Tenaganya berkurang menjadi hanya 176 dk, namun keluaran tenaga dipusatkan pada putaran rendah. Hasilnya, ia terasa sangat supel di jalan raya dan konsumsi BBM-nya juga impresif.
Hebatnya lagi, penumpang belakang tetap dibuai akomodasi terlega di kelas dengan jok nyaman. Kenyamanan kabin bertambah berkat kesenyapannya yang luar biasa. Honda mengklaim ini efek dari fitur Active Noise Cancellation, yang mengirimkan frekuensi berlawanan dengan bising yang terjadi, via speaker.
Melengkapi kecanggihannya Accord VTi-L juga memiliki Progressive Commander, yakni kumpulan tombol untuk mengoperasikan i-MID-nya. Tapi jujur saja, kami tak terlalu suka mengoperasikannya, karena ada beberapa menu yang rumit dan tidak terlalu logis atau mudah untuk digunakan. Untuk mengkoneksi telepon saja misalnya, kami harus berkutat beberapa menit sebelum memahami prosedurnya. Langkah Honda memasukkan sistem operasi canggih layak dihargai, tapi mestinya mereka bisa membuatnya lebih user friendly.
Dijual seharga Rp 549 juta, Accord juga merupakan yang termahal di kelasnya. Namun kami sungguh melihat adanya aksi nyata dari Honda untuk meningkatkan kualitas Accord secara signifikan.
Honda Accord 2.4L VTi-L | |
Harga | Rp 549 juta |
Mesin | 2.356 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 176 dk/ 6.200 rpm |
Torsi maksimum | Torsi maksimum |
Transmisi | Otomatis 5-speed/FWD |
Dimensi (P x L x T) | 4.870 x 1.850 x 1.465 mm |
Wheelbase | Wheelbase |
Kapasitas tangki/Ban serep | 65 liter/Full size |
Ground Clearance | N/A |
Ukuran ban | 235/45 R18 |
Bobot | 1.560 kg |
PERFORMA | |
0-100 km/jam | 10,2 detik |
0-60 km/jam | 4,7 detik |
60-80 km/jam | 2,5 detik* |
80-100 km/jam | 3,0 detik* |
100-120 km/jam | 4,2 detik* |
RPM @ 100 km/jam | 1.900 rpm |
Pengereman 100-0 km/jam | 41,0 meter |
Konsumsi bbm dalam kota/tol | 9,3/15,5 km/l |
CO idle/4.000 rpm | 0/0 %Vol |
HC idle/4.000 rpm | 2/6 ppmVol |
Teknologi | EarthDreams - Econ - Cruise Control |
*=kickdown | |
FITUR | |
Airbag/ABS/EBD/BA | 4/ada/ada/ada |
Kontrol traksi/ESP | Ada/ada |
AC climate control/dualzone/double blower | Ada/ada/tidak |
CD/MP3/DVD player/cup holder | Ada/ada/ada/4 |
Monitor/USB/Aux-In | Ada/ada/ada |
Tombol audio setir/cruise control | Ada/ada |
On-Board Computer/voice command | Ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode | Ada/tidak/ada |
Launch control/suspension control | Tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer | Ada/ada/ada/ada |
Setir adjustable reach/rake | Ada/ada |
Headlamp projector/auto leveling/HID | Ada/ada/LED |
Spion/pelipat elektrik/foglamp | Ada/ada/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu | Ada/ada/ada/ada |
Auto door-lock/sunroof/pelek alloy | Ada/tidak/18 inci |
RIVAL |
Mazda6 2.5 SKYACTIV Mesin: 2.488 cc 4-silinder, 192 dk 0-100 km/jam: 8,5 detik Harga : Rp 535 juta + Akselerasi, konsumsi BBM, pengendalian, bentuk eksterior - Bantingan agak keras, desain interior, akomodasi lebih kecil |
FIRST OPINION
Accord melakukan lompatan jauh ke depan. Bukan hanya sekadar nikmat dikendarai, kini Accord menjadi sangat nyaman ditumpangi pula. Fiturnya yang royal patut dihargai, tapi secara teknis mobil ini juga memberi keasyikan berkendara membaik dari sebelumnya. Para rival Accord harus sangat waspada.
SEKILAS PANDANG
- Versi manual tidak dijual lagi.
- Hanya tersedia dalam satu varian mesin, karena 3.5 V6 tak dimasukkan.