Datsun Go di IIMS 2013




Datsun kembali hadir untuk pasar Indonesia. Ia akan menjadi pilihan entry level dari bagian produk Nissan di Indonesia. Jadi konsumen akan ditawarkan pilihan terjangkau dengan jajaran produk Datsun, lalu di medium level akan hadir dengan brand Nissan dan Infiniti untuk kalangan high level. Wajar bila Datsun akan bergabung di booth Nissan di Hall D3 saat Indonesia International Motor Show 2013.

Tak heran bila Datsun langsung hadir di pasar baru bertajuk LCGC (Low Cost Green Car) untuk pasar Indonesia. Produk pertama yang akan dilahirkan ber-genre hatchback seperti yang telah hadir di India. Namun sebagai pembeda, sentuhan penyesuaian akan hadir agar Datsun dapat lebih diterima konsumen lokal.

Salah satunya adalah nama. Ia tentu akan menanggalkan nama ‘Go’ agar dapat lebih menyatu dengan pasar Indonesia. Lalu beberapa penyesuaian akan hadir seperti pemilihan head unit dan desain bangku depan yang dibuat tidak menyatu.
Selebihnya, Datsun akan menawarkan fitur yang diangap fungsional untuk konsumen Indonesia. Sebut saja electric power window yang hanya tersedia untuk kedua pintu depan dan central door-lock. Posisi rem parkir yang berada di dasbor mengingatkan pada Toyota Kijang di era 1990-an.

Untuk panel instrumen, Datsun hanya menyediakan speedometer sebagai yang utama. Hal ini mengingatkan pada produk termurah dari Grand Livina saat pertama kali hadir di 2007. Jadi jangan harap kehadiran On-Board Computer untuk memantau konsumsi BBM, kecepatan rata-rata dan lainnya. Kami prediksi hanya akan ada odometer digital dan trip meter.

Untuk sasis, Datsun akan mengenakan platform dari basis Nissan March. Memiliki dimensi 3.785 x 1.635 x 1.485 mm (PxLxT), ia hanya lebih panjang 5 mm dari March, tapi memiliki wheelbase lebih panjang 10 mm, menjadi 2.450 mm. jadi bisa diperkirakan bahwa Datsun tetap menawarkan kelegaan kabin dan kenyamanan optimal khas produk Nissan.

Sebagai penggerak, Datsun akan mengusung mesin HR12DE 1.198 cc 3-silinder bertenaga 76 dk, alias berbagi dengan Nissan March. Sayangnya, pilihan transmisi otomatis belum akan tersedia saat peluncuran di 17 September mendatang. Padahal kami prediksi Datsun akan memberi nilai lebih di transmisi oto­matis 4 percepatan, kemudian Nissan March akan melakukan facelift dan mengadopsi mesin 1.500 cc, 109 dk. Sayangnya, sifat agresif Nissan Indonesia tidak seperti awal 2007.