Jack-up

Jack up structure merupkan jenis bangunan terpancang selain Jacket.
Jack up adalah konstruksi platform yang banyak digunakan pada operasi pengeboran.
Kaki-kakinya dapat diturunkan dan dinaikkan     sehingga dapat berdiri pada dasar laut dan     platform deck dapat diangkat sampai mencapai     suatu     kedudukan yang dikehendaki sehingga     tidak terpengaruh oleh ombak dan arus laut.Ombak dan arus laut sendiri merupakan faktor yang bisa mempengaruhi platform/bangunan tersebut.
jack-up2 Unit geladak harus kedap dan mempunyai     buoyancy dan stability yang cukup apabila rig     tersebut direncanakan untuk bisa mengapung     sendiri saat dipindahkan/transit.Hal ini dikarenakan,jack up merupakan unit yang bisa dipindahkan.Lalu biasanya unit ini dilengkapi dengan peralatan navigasi dan dynamic positioning system yang berfungsi membantu unit tersebut tetap berada ditempatnya walaupun dihempas ombak dan arus laut.
Ciri dari JACK- UP STRUCTURE (SELF ELEVATING UNIT) adalah :
>UNTUK EKSPLORASI, DILENGKAPI DRILLING RIG  (MENARA BOR)
>BISA DIPINDAHKAN
>BERDIRI DIDASAR LAUT DENGAN 3 ATAU 4 KAKI
>BANGUNAN PLATFORM DAPAT DIDONGKRAK, NAIK TURUN SESUAI KETINGGIAN AIR LAUT
>KEDALAMAN  SAMPAI 150 METER.
ini yg bikin jack-up bisa turun-naik.
ini yg bikin jack-up bisa turun-naik.
coba liat gambar jack-up gear nya. besar banget perbandinganya dengan orang yang berdiri di dekatnya. Pernah dosen saya cerita,ketika dia menginspeksi jack up unit (didaerah mana ak lupa) ada jack up gear yang diganjal dengan kayu yag besar.